Senin, 27 Juli 2009

KopDar Dua, Belajar Kreatif : CreativePreuneurship, DIGITAL SCHOOL, Graha SMKG lt.2, Klp Gading, Jakarta

Sabtu, 25 Juli 2009,

Acara Dibuka Belajar Kreatif dan DIGITAL STUDIO
Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan para peserta Kopdar 2 Belajar Kreatif,
MC oleh Meita Safitri, disusul dengan presentasi Lomba Desain yang berhadiah 5 Kaos Gratis dari Kuas Semut. Lalu acara lanjut dengan presentasi karya karya dari Farid "UnLogic Photografi", Setelah itu acara dilanjutkan dengan break untuk sholat zuhur dan makan siang....


Habis perut terisi rupanya pembicara yang ditunggu tunggu sudah hadir...Disusul dengan Presentasi dari seorang utusan DEPKOMINFO mengenai acara INAICTA (Indonesia ICT Award) yang digawangi DepKoMinFo adalah acara tentang workshop, lomba dan seminar. temanya salah satunya tentang Technopreneur, animasi, digital creative dan robotika serta Lomba GAME yang rencananya digelar di JCC tanggal 28-29 Juli 2009. Keterangan lebih lanjut silahkan mengklik Http://www.inaicta.web.id


Pukul 13.20
Pembicara I : Mas Ramya Prajna (Think.Web.id)

Selaku Co-Founder dari THINK WEB, beliau bicara tentang 3 hal untuk mulai sekarang juga untuk memulai bisnis dan jangan takut untuk memulainya. Ada 3 hal yang mendasar, sebagai modal awal :
1. Connection
2. Uang
3. Portfolio
Mas Ramya juga memberikan statement bahwa kita boleh bermimpi asal membumikan mimpi kita, beliau juga berbicara tentang management energi agar waktu kita tdk terbuang dengan sia sia. Tidur kalo perlu cuma 5 jam, ujarnya.
Beliau juga memberikan wejangan bahwa carilah ide ide yang ada dalam benakmu, cari ide sebanyak mungkin dalam hal dan waktu apapun. Read, Analyze dan Knowledge. Tiga poin utama dalam membaca situasi saat ini. Belajar belajar dan sekali lagi belajar. Beliau juga menciptakan FRESH : Freedom Of Sharing yaitu sebuah forum diskusi yang ditekuninya. Sungguh luar Biasa. Dan yang terpenting, katanya BANGGA "Memakai Celana Pendek".








Pukul 14.10
Pembicara II : Mas Zeki Siregar (JIUNG MANAGEMENT)

Beliau mengemukakan masa lalunya. Sharing tentang sewaktu kelas 3 SD Al-Azhar, beliau sudah menjalankan profesinya sebagai ENTERPRENEUR. Luar Biasa...Sharing tentang Marketing Management. Pernah juga beliau menggarap Band NAFF dari awal hingga terkenal saat ini.
Beliau sekarang berprofesi sebagai pengajar juga, maen musik (pernah) dan senang dengan ART...
Di Akhir session beliau membagikan CD dan Kaset JIUNG BAND kepada peserta sebagai hadiah bagi yang bertanya...









Pukul 14.50
Pembicara III terakhir : Bpk Andi S Boediman (Digital Studio)

Beliau sharing tentang masa lalunya sebagai lulusan arsitek, dan pernah belajar animasi di Amerika. Beliau juga belajar tentang pembuatan FILM di Amrik th 1999 dan pernah mengerjakan tugas sambil kuliah yang katanya FUN yah...Desain desainnya pernah dipakai di TIMEZONE, WALLS, dan masih banyak lagi.
Beliau mendirikan DIGITAL STUDIO (School of Design and Animation) pertama di Indonesia.
Sambil tertawa tawa beliau juga share ke Belajar Kreatif tentang AXE BRANDING....
Bicara tentang target marketnya istilahnya yaitu CONSUMER INSIDE. adalah bagaimana kita menciptakan ritual campaign dalam memasarkan sebuah produk.
Beliau juga menceritakan bagaimana dampak RITUAL CAMPAIGN ini menyihir orang orang Jepang dengan produk NESTLEnya. Di Indonesia kita pernah dengar OREO? Diputar , dijilat terus dicelupin merupakan salah satu RITUAL CAMPAIGN.
Beliau juga mengemukakan, Bagaimana cara mendapatkan sebuah ide? salah satu cara nya adalah mengadakan DISKUSI atau SHARING. Beliau juga berkata Kegagalan adalah suatu hal yang bermanfaat buat kita untuk menjadi SOLUSI. Jadi dari adanya suatu Problem maka timbul sebuah SOLUSI, sebuah ide bagaimana kita dapat membuat produk dari SOLUSI tersebut.
Sungguh luar biasa...Contohnya sewaktu Beliau berniat mendatangkan seorang desainer kondang dunia ke Indonesia (Steve Meyer kalo nggak salah). Saat yang ditunggu tunggu dari kedatangan desainer itu tiba tiba ada suatu hal yang membuat desainer ternama itu tidak dapat datang ke Indonesia. Alhasil, beliau mengadakan sharing dengan para desainer yang sudah datang untuk presentasi masing masing di depan forum. Hasilnya? Pada hari itu terebentuklah ADGI (Asosiasi Desain Grafis Indonesia) yang diketuai oleh beliau. Hebat.....

Menurut beliau juga, Sebuah DESAIN is a VALUE ADDED. Artinya? bila satu desain digabungkan dengan sebuah komoditi maka hasilnya akan untung berkali kali. Itulah yang disebut dengan INTELEKTUAL PROPERTY.
Dan Bagaimana cara menjalankan bisnis versi Pak Andi.S.Boediman?
Menurutnya ada 3 hal yang harus dilakukan yaitu,
1. Provitable (Menguntungkan)
2. Sustainable (Efesiensi)
3. Skillable (Kemampuan yan bagus)
Dan menurutnya kita memang harus gagal dalam berbisnis untuk bisa belajar membuat SOLUSI yang bisa menciptakan PROVIT atau Keuntungan, ujarnya...
__________________________________________________________

*** Acara ditutupi dengan pembagian doorprize dari VERSUS Magazines dan DIGITAL STUDIO juga Foto-foto session para peserta dengan
Pak Andi S Boediman...
***



Terima kasih kami ucapkan tak terhingga untuk para Pembicara Belajar Kreatif :
1. Mas Ramya Prajna S (Think.Web.Id)
2. Mas Zeki Siregar (Jiung Band Management)
3. Pak Andi S Boediman (Digital Studio)
Sungguh luar biasa....Sangat Menginspirasi bagi kita semua terima kasih....

Terima kasih juga tak lupa kami ucapkan untuk VERSUS Magazine dan DIGITAL STUDIO...
Tanpa terasa lelah yang ada menjadikan moment yang tak terlupakan....

Terima kasih buat volunteer, panitia dan khususnya para peserta belajar kreatif yang udah dateng.
Thanks guys atas partisipasinya......ada yang jauh dateng dari Bogor...Ada yang nyasar juga...Waahh seruuu....

Next KopDar 3 Belajar Kreatif, Ditunggu yah kedatangan Anda anda lagi....

Salam Desain